4 Maret 2016

Cegah DBD MEluas, Lapas Terbuka Jakarta Lakukan Fogging

Lapas Terbuka Jakarta – Memasuki musim pancaroba, Lapas Terbuka Kelas IIB Jakarta lakukan pengasapan atau fogging di area perkantoran hingga blok hunian warga binaan pemasyarakatan Lapas, Jumat (4/03). Kegiatan fogging (pengasapan) yang dilakukan oleh warga binaan Lapas Terbuka ini dilakukan untuk mencegah mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kerap muncul pada musim pancaroba.
Dokter Muda Lapas Terbuka Jakarta, dr.Indri mengkalim kegiatan ini cukup urgent dilakuan untuk mencegah mewabahnya nyamuk Aedes Aegypti (AE) di lingkungan Lapas. Nyamuk AE ini merupakan perantara  penyebaran virus dengue melalui gigitan ke kulit manusia. Menurutnya, nyamuk-nyamuk ini (AE ) mulai meningkat khususnya di penghujung musim hujan.
Fogging dilakukan usai apel pagi di dampingi tim kesehatan dari sub seksi perawatan Lapas Terbuka. Bertepatan dengan kegiatan penyuluhan bantuan hukum dari tim penyuluh BPSDM Hukum dan HAM, kegiatan fogging tetap dilakukan di area taman, dapur, kamar mandi, hingga kamar blok hunian warga binaan. Kegiatan ini melibatkan warga binaan Lapas Terbuka untuk mengoperasikan alat pengasapan dan dilakukan secara bergantian.

Fogging di area kamar blok hunian 


Selain kegiatan fogging, Lapas Terbuka melalui tim kesehatan poliklinik juga rutin mengadakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) baik di lingkungan kantor hingga lingkungan luar kantor. Kegiatan ini dilakukan setiap hari jumat bekerja sama dengan dinas kesehatan Jakarta selatan dalam bentuk gerakan jumat sehat.
Indah siswanti, Kasubsi Perawatan, menjelaskan kegiatan gerakan jumat sehat sangat penting dilakukan untuk mendukung program pemberantasan sarang nyamuk dan mengedukasi pola hidup bersih kepada masyarakat. Menurutnya, pencegahan demam berdarah yang terbukti paling efektif dan efisien hingga kini yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M yaitu menguras, menutup, mengubur dan mendaur ulang barang bekas.
Kegiatan ini mendapat apresiasi Kepala Lapas Terbuka Jakarta, Itun Wardatul Hamro. Ditemui disela sela kegiatan dinas, menurutnya kegiatan pengasapan sangat penting dilakukan untuk mencegah mewabahnya penyakit Demam berdarah dengue (DBD). Ia juga mengaku telah menginstruksikan jajarannya untuk senantiasa meningkatkan kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di luar kantor.
 “Alangkah bijaknya jika pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan ini menjadi budaya baru, mulai dari hal kecil baik di dalam maupun di luar kantor serta di lingkungan rumah kita tentunya" ujar Itun. (AS)




1 komentar:

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut