4 Maret 2016

WBP Lapas Terbuka Jakarta Terima Penyuluhan Bantuan Hukum Gratis

Jakarta– Sejumlah warga binaan pemasyarakatan dan staf lapas terbuka Jakarta terima penyuluhan bantuan hukum gratis bagi warga miskin, Jumat (4/3). Kegiatan yang difasilitasi oleh peserta diklat penyuluhan hukum dari BPSDM Hukum dan Ham ini dilakukan secara serentak di beberapa lokasi di wilayah Depok dan Jakarta Selatan.  
Tim penyuluhan hukum yang beranggotakan 5 orang yang berasal dari berbagai Unit Satuan Kerja di Kementerian Hukum dan Ham ini menyebutkan kegiatan penyuluhan bantuan hukum di Lapas Terbuka adalah salah satu bagian dari kegiatan pendidikan dan pelatihan penyuluhan hukum yang dilaksanakan di BPSDM Hukum dan HAM. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi hukum kepada masyarakat serta memberikan pemahaman bagi warga binaan pemasyarakatan tentang bantuan hukum yang diberikan gratis dari pemerintah.
Dalam paparannya, Tim Penyuluh, Setiyo Budi, menjelaskan Program Bantuan Hukum merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Beliau menjelaskan ada tiga pihak yang diatur di undang-undang ini, yakni penerima bantuan hukum (orang miskin), pemberi bantuan hukum (organisasi bantuan hukum) serta penyelenggara bantuan hukum (Kementerian Hukum dan HAM RI).


Menurutnya, untuk memperoleh bantuan hukum gratis, masyarakat dapat meminta bantuan ke kantor wilayah kementerian hukum dan ham setempat atau bisa juga datang langsung ke lembaga bantuan hukum yang terakreditasi terdekat.
Penyuluh hukum ahli muda, Windarto, menegaskan jika Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Ham telah membuat kontrak dengan lembaga-lembaga bantuan hukum untuk memfasilitasi bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu secara gratis. Dengan demikian tidak ada lagi warga miskin yang tidak memperoleh fasilitas hukum yang setara dengan masyarakat pada umumnya.
Kalapas Terbuka Jakarta, Itun Wardatul Hamro menyambut dengan baik terselenggaranya kegiatan penyuluhan bantuan hukum tersebut. Beliau berpesan  informasi yang telah terima agar dapat disebar luaskan di lingkungan masyarakat. (AS)
    

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut